Tuesday, June 7, 2016

Cara menggunakan aplikasi Go-Jek di android




Gojek sebenarnya sudah ada sejak tahun 2011 namun jasa yang ditawarkan baru dalam bentuk SMS. Sekarang Gojek sudah memiliki aplikasi yang dapat di download di http://go-jek.com/app sudah tersedia versi Android dan iOS. Hingga saat ini sudah lebih dari 1.000 ojek yang tersebar se-Jabodetabek. Berikut cara menggunakan aplikasi Gojek.
 1. Tampilan halaman utama aplikasi Gojek dengan tagline “An ojek for every need” dan latar berwarna hijau. Terdapat gambar motor atau ojek di tengah tulisan Gojek. Selanjutnya kita dapat memilih jenis service apa yang kita butuhkan. Gojek memiliki 4 jenis pelayanan dari mulai transport antar jemput, kurir, order makanan hingga belanja. Untuk kali ini, saya memiliki jasa kurir.


2. Ketik detail alamat atau lokasi tujuan. Kita juga dapat memilih waktu antar apakah sekarang atau nanti. Pada map akan terlihat ada berapa banyak pengemudi berada di dekat kita.
 
3. Untuk detail alamat jemput dan antar kita dapat klik “Location” maka akan muncul map. Pastikan alamat tujuan benar dan sesuai.
  
4. Tuliskan detail barang yang akan dikirim. Bila sudah selesai klil tombol “Next” dan booking telah selesai dibuat. Kamu dapat membuat booking baru atau cancel bila tidak jadi.
  
5.  Tunggu beberapa menit sementara Gojek mencarikan pengemudi terdekat lokasi kamu. Kamu akan mendapatkan notifikasi bila terdapat pengemudi terdekat. Ojek yang berada di dekat kamu biasanya tidak akan lebih dari 15 menit ke tempat kamu. Kamu dapat mendeteksi lokasi keberadaan ojek.
   
 6. Selain lokasi keberadaan, identitas driver juga terlihat dari foto, nama, dan nomor telephone. Kamu dapat menelephone dan mengirim SMS ke driver.
 
7. Pada menu My Bookings terlihat service kamu masih dalam in progress. Nah, bagaimana dengan sistem pembayaran ? Gojek tidak menggunakan sistem kartu kredit melainkan sistem top up melalui transfer bank. Untuk mengecek kredit yang kamu miliki, klik tombol setting di tengah. Kemudian pilih Go-Jek Credit.
8. Sebagai pengguna pertama, Gojek memberikan promosi sebesar Rp 50.000 yang didapat dari teman sesama pengguna Gojek. Ketika kamu gantian membagikan kode milikmu, maka giliran kamu mendapatkan tambahan Rp 50.000 lagi. Jasa kurir yang saya gunakan sebesar Rp 25.000 yang dipotong dari bonus Rp 50.000. Kembali ke menu My Bookings, terlihat service yang telah selesai. Paket kamu telah sampai di tempat tujuan.


9.  Setelah selesai semua, kamu dapat memberikan review mengenai service yang diberikan pengemudi. Rating ini berguna bagi Gojek untuk mengetahui kapabilitas dari pengemudi apakah sudah sesuai dengan standar atau belum. Bila kamu memesan Gojek untuk antar jemput, Gojek akan memberikan helm, masker dan penutup rambut. Bila tidak, kamu dapat melaporkan dan menulis komen di kolom komentar.

Bila kamu puas dengan service Gojek, kamu dapat memberikan tips kepada pengemudi. Gojek tidak memiliki sistem gaji pokok. Sistem yang digunakan Gojek adalah bagi hasil 80% untuk supir dan 20% untuk perusahaan. Dalam sebulan rata-rata supir Gojek dapat mengantongi Rp 2 – Rp 3 juta. Dibandingkan dengan mengojek pribadi, kesejahteraan lebih baik dan kepercayaan masyarakat pun kian meningkat.


Sumber : http://www.annisapurbandari.com/index.php/tag/aplikasi-gojek/
Sumber Gambar : https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTV8Qa5PfWkVgqVHOjrfJd2SHCWJ2VERvfImZ6zoO6hco9Jz4eo

1 comment: